Monday, December 16, 2019

Merawat Kucing Himalaya Persia Yang Benar dan Biaya Perawatannya

Kucing Persia Himalaya

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing ras jenis ini, haruslah bersiap juga untuk merawatnya dengan baik agar si kucing kesayangan dapat tumbuh sehat dan aktif. Nah, pada dasarnya cara merawat kucing ini tidak terlalu memerlukan perlakuan yang spesial. Merawatnya tidak ada beda dengan merawat kucing pada umumnya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Berikut cara merawat kucing Himalaya Persia yang benar.

1. Makanan dan Nutrisi

Kucing ini tidak terlalu sulit menerima makanan jenis apapun, baik basah atau pun kering. Yang terpenting dan sangat perlu diperhatikan dalam pemberian makanan adalah, kadar nutrisi yang terkandung dalam makanan kucing. 

Jadi usahakan makanan yang Anda berikan dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk nutrisi ini terdiri atas 3 jenis, yaitu 45% protein, 35% lemak, dan 20% karbohidrat.

Pemberian makanan paling tidak sebanyak 5 kali dengan ukuran makanan seberat 5 gram tiap sajiannya. Namun tetap sesuaikan dengan usia dan bobot tubuh sang kucing. Hal ini untuk menghindari kucing dari terkena penyakit obesitas.

2. Kandang

Pastikan ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuh kucing. Yang penting jangan terlalu kecil, atau lebih baik lebih besar agar kucing lebih nyaman. Selain itu jagalah selalu kebersihan kandangnya. Bersihkan secara berkala. Dan letakkanlah kandang ini di tempat yang aman, nyaman, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Pasir

Pastikan selalu memeriksa kondisi pasir tempat buang kotorannya. Jika sudah kotor, segera bersihkan dan segera ganti. Letakkan pasir ini di dalam kandangnya. Namun jika Anda bisa melatihnya untuk buang kotoran ke kamar mandi, pasir ini tidak terlalu dibutuhkan.

4. Kebersihan dan Kesehatan

Kebersihan dan kesehatan merupakan dua hal penting yang tak boleh diabaikan. Kucing yang bersih tidak akan mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kebersihan tubuh kucing Himalaya Persia ini, Anda bisa memandikannya sekali seminggu atau jika memang si kucing sudah terlihat kotor, maka mandikan saja. 

Gunakanlah shampo khusus untuk kucing saat memandikannya. Jangan lupa untuk mengeringkan bulunya dengan baik.

Jika pada tubuh kucing ditemukan luka atau gangguan kulit lainnya, segeralah diobati atau bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin kucing, pemberian vaksin, dan rutin periksakan kesehatan kucing Anda ke dokter.

5. Kuku

Kuku kucing dapat merusak perabot rumah. Karena mereka suka menggoreskan cakarnya dimanapun. Untuk itu periksalah kondisi kukunya. Jika sudah panjang, segera potong. Atau Anda bisa pergi ke pet shop untuk melakukan hal ini.

6. Bulu

Rutinlah menyisir bulu mereka agar bulu panjangnya tetap terlihat indah. selain itu, menyisir bulunya juga akan membantu menghilangkan bulu rontok dan menggantinya dengan bulu yang baru.

7. Jangan Biarkan Stres

Agar kucing Anda tidak mudah stress, luangkanlah sedikit waktu untuk menemaninya bermain. Usap-usaplah tubuhnya dan manjakan ia agar si kucing merasa nyaman dan tenang. Dan bangunlah komunikasi yang baik dengannya melalui interaksi Anda saat bersama kucing.

Perkiraan biaya perawatan perbulan

Bagi anda yang baru memiliki kucing persia himalaya ada baiknya anda paling tidak mengetahui perkiraan biaya yang kemungkinan anda akan keluarkan untuk memenuhi kebutuhan kucing himalaya.

Berikut adalah list perkiraan biaya kucing persia himalaya yang estimasi harganya di ambil dari rata-rata harga di tokopedia tahun 2019.

Royal canin kucing persian 2kg : Rp 240.000
Shampoo : Rp 40.000
Pasir gumpal : Rp 80.000
Vasinasi tahap 1 dan 2 : Rp 400.000 ( jika masih kecil )
Sterilisasi : Rp 900.000 ( optional )
jadwal kunjung dokter hewan : Rp 200.000
Biaya tak terduga, contohnya jika sakit dan memerlukan obat : Rp 200.000

No comments:

Post a Comment