Monday, December 16, 2019

Perlu Diketahui!! Ciri Fisik dan Harga Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya

Kucing persia adalah ras kucing domestik berbulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek. Namanya mengacu pada Persia, nama lama Iran, di mana kucing serupa ditemukan. 

Sejak akhir abad 19, kucing jenis ini dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat usai Perang Dunia II. Di Britania Raya, ras ini disebut kucing bulu panjang persia, dibagi dalam dua jenis, yaitu chinchilla dengan warna perak cerah dan yang agak gelap.

Karakteristik Kucing Persia Himalaya

Kucing persia pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Selain itu, yang menjadi khas juga dalam kucing persia ini adalah bentuk hidungnya yang pesek, wajahnya terlihat bulat, dan memiliki bulu yang panjang. 

Jika diamati dari samping, dahi, hidung, dan dagu terlihat sangat datar. Kucing persia juga memiliki sifat yang manja.

Kucing persia hasil persilangan dengan ras kucing lainnya biasanya beberapa ciri-cirinya hilang. Ada yang mempunyai warna bulu baru, hidung yang sedikit mancung, bentuk tubuh yang lebih ramping dari kucing Persia pada umumnya, dan ada pula yang mempunyai bulu yang lebih pendek.

Himalayan Doll Face memiliki wajah yang sedikit pesek jika dilihat dari samping, sedangkan Himalayan Ultra-Face memiliki wajah yang sangat pesek jika dilihat dari samping, sehingga terlihat seperti datar.

Himalaya memiliki bulu panjang dengan warna point pada telinga, wajah, kaki dan ekornya, denga pola tabby, lynx, dan tortie. Warna pada kucing Himalaya dapat di klasifikasi, yaitu warna seal point (cokelat kehitaman), blue point (abu abu), lilac point (abu-abu kecoklatan), red/flame point (krem kemerahan), cream point (krem), dan chocolate point (cokelat).

Kucing persia himalaya ini merupakan hasil persilangan dari jenis kucing persia dan siam, yang akhirnya menghasilkan kucing persia himalaya yang begitu unik dan menarik. Untuk jenis kucing ini memiliki ciri – ciri fisik yang sangat mencolok dan pastinya membuat anda memperhatikan kucing ini. 

Berikut adalah ciri – ciri fisik kucing persia himalaya.

Warna

Warna point yang dimiliki kucing ini adalah adanya perbedaan warna yang sangat mencolok di setiap sudut bagian tubuhnya yag berbentuk taby, torty dan lynk. Untuk jenis warna pada kucing himalaya ini cukup variatif, seperti warna seal point (coklat kehitaman), lilac point (abu – abu kecoklatan), blue point ( abu – abu), cream point (krem), red flame point (krem kemerahan), chocolate point (coklat).

Bentuk tubuh

Untuk kucing ini umumnya memiliki ciri fisik tubuh yang bulat dan kaki yang pendek dihasilkan dari keturunan kucing persia. Namun ada juga yang memiliki tubuh yang langsing atau ramping, kuat, anggun, dan lincah yang diwarisi oleh kucing siam.

Bulu

Ukuran pada bulu untuk jenis kucing himalaya tergolong agak mirip dengan kucing persia lainnya, dengan ukuran yang lumayan panjang 2-3 cm.

Bentuk wajah

Di bagian bentuk wajah kucing persia himalaya ini terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu Himallayan doll face dan himallayan ultra face. Himallayan doll face umumnya memiliki bentuk wajah yang lumayan pesek jika di lihat dari samping, dan himallayan ultra face memiliki wajah yang “sangat” pesek ika dilihat dari samping, sehingga terlihat sangat datar jika kita lihat secara langsung dari samping.

Sifat

Pada dasarnya untuk jenis kucing ini memiliki sifat yang agak tenang, cerdas dan aktif. Namun walau mereka memiliki sifat yang agak tenang, mereka juga sangan senang dan mudah berinteraksi dengan siapa saja.

Kucing jenis ini sangat tepat untuk dijadikan peliharaan, selain sifatnya yang ramah, tenang dan bersahabat, namun kucing ini juga bisa menjadi teman bermain anda di setiap kali anda jenuh dengan kesibukan anda. Pokoknya kucing ini sangat di rekomendasikan.

Kesehatan

Pada umumnya untuk jenis kucing ini merupakan jenis kucing yang cukup bagus dari segi kesehatan dan tidak mudah terserang penyakit. 

Tapi anda harus tahu bahwa kucing jenis ini juga memiliki penyakit turunan dari kucing persia yang dinamakan penyakit PKD (Polycystic kidney disease) dan bisa disebut kista pada ginjal.

Harga Kucing Persia Himalaya

Sesuai dengan barang yang nada dapatkan kucing ini memiliki keunikan matanya dan keindahan bulunya yang cantik maka kucing ini di jual dengan harga Rp.600.000 sampai Rp.1.500.000 itupun anda akan mendapatkan kualitas yang biasa sedangan kucing Persia Himalaya yang mempunyai kualitas yang bagus akan di bandrol dengan harga Rp.4.000.000 sampai dengan Rp.13.000.000 harga yang lumayan fantastik.

Sebenarnya untuk masalah harga di atas bukan menjadi patokan tergantung pemiliknya dan anda juga bisa menawarnya.

No comments:

Post a Comment